Jumat, Februari 3


                                                                                    Processor Tercanggih
Processor 1000 Core
Beberapa bulan lalu pemberitaan mengenai CPU Intel yang memiliki 48 core dalam sebuah chip terdengar sangat mengesankan, namun sebuah prototipe prosesor terbaru  membuatnya tidak lagi luar biasa . Peneliti asal Skotlandia ternyata telah membangun sebuah prosesor dengan 1000 core di dalamnya, dengan kemampuan 20 kali lebih cepat dari prosesor saat ini dan konsumsi listrik yang lebih rendah . Hebatnya, chip mendekati diameter sambungan maksimum sebelum jaringan chip yang menghubungkan core menghasilkan kinerja negative . Para peneliti percaya bahwa teknologi ini dapat digunakan secara umum dan dapat membantu meningkatkan kecepatan komputer  dalam beberapa tahun mendatang . Tim peneliti menggunakan field programmable gate array (FPGA) yang lebih baru, sebuah sirkuit terpadu yang dirancang khusus dan umumnya dikonfigurasi setelah proses pabrikasi untuk membangun chip . Sejak FPGA dapat dikonfigurasi, para peneliti dapat menggunakan program kreatif untuk menanam sebanyak 1000 core dan membagi beban pemrosesan diantara seluruh core . Pada November lalu Intel menyatakan sangat mungkin untuk membangun prosesor dengan 1000 core di dalamnya . Namun, para peneliti dari Universitas Glasgow ternyata berhasil mewujudkannya lebih cepat dari Intel .
Sumber : http://www.bhinneka.com/bpost_detail/peneliti_berhasil_membuat_prosesor_1000_core.aspx



Secondary Storage Terbesar
Harrdisk 1 Yottabytes
NSA sedang membangun sebuah ruangan seluas 92.903 m2 sebagai tempat penyimpanan hardisk dengan biaya sekitar 2 milyar dollar . Rencananya tempat ini nantinya mampu menyimpan data sebesar 1 Yottabytes yang diprediksi akan terealisasi pada tahun 2015 . Nah, pasti pada tanya Yottabytes kan ? Berapa besar sih 1 Yottabytes itu ?
- 1.000 Gigabytes (GB) = 1 Terabytes (TB)
- 1.000 Terabytes (TB) = 1 Petabytes (PB)
- 1.000 Petabytes (PB) = 1 exabytes
- 1.000 Exabytes = 1 Zettabyte
- 1.000 Zettabytes = 1 Yottabytes
Gimana, sudah tahu sekarang berapa sih 1 Yottabytes ? Yang pasti mungkin saja bisa menyimpan seluruh data yang ada di dunia ini . Hardisk sebesar itu tentu juga akan membuat kami membayangkan berapa banyak hardisk yang dibutuhkan untuk mencapai kapasitas tersebut apabila mereka menggunakan hardisk kapasitas 1 TB per buahnya . Kalau dihitung mereka akan menggunakan sekitar 1.000 milyar hardisk . Tetapi dari yang kami baca, kemungkinan besar NSA menggunakan hardisk jauh lebih besar mengingat NSA selalu menggunakan teknologi tercanggih yang biasanya belum ada di pasaran seperti bisa saja mereka menggunakan hardisk dengan kapasitas 25 -100 TB per buahnya .
Sumber: http://gelembung.blogspot.com/2011/03/inilah-hardisk-kapasitas-1-yottabytes-1.html





RAM Tercepat
XDR 2
Kini Rambus hadir dengan tawaran teknologi dan arsitektur RAM terbarunya yang di-klaim mampu berjalan hingga clock 3.2GHz dengan throughput yang lebih efektif, efisiensi daya dan peningkatan kapasitas memori yang tinggi . Rambus XDR dan XDR2 Hingga saat ini Rambus masih memproduksi DRAM seri XDR dan XDR2 DRAM . Kedua seri DRAM Rambus ini memiliki performa yang mengagumkan dari segi memory bandwidth . Rambus XDR DRAM saja mampu memberikan bandiwdth hingga 25,6GB/s – bahkan diatas ‘world record’ memory bandwidth Dominator GT DDR3 2533Mhz (overclocked) yang ‘hanya’ berkisar 20GB/s .  Sementara Rambus XDR2 di-klaim memiliki memory bandwidth (per device) dua kali lebih besar dengan daya 30% lebih rendah dibandingkan sistem yang menggunakan GDDR5 .  Memory bandwidth XDR2 sendiri mencapai 38,4GB/s dengan rencana hingga 50GB/s dalam roadmap Rambus . Integrated Memory Controller Beberapa feature unggulan arsitektur memori seri XDR antara lain XMC logical memory controller (integrated) yang didukung oleh Dynamic Point-to-Point signal integrity . Feature ini berguna dalam hal peningkatan kapasitas memori di kemudian hari tanpa harus mengorbankan performa . Teknologi FlexPhase memberikan data rates lebih tinggi dibanding teknologi strobing yang digunakan pada DDR3 . NearGround Signaling mampu mengurangi daya yang digunakan I/O pada performa maksimal, memungkinkan voltase operasi yang minim sebesar 0.5v dengan signal integrity yang stabil . Module threading memberikan peningkatan efisiensi memori dan mengurangi DRAM core power yang dengan kombinasi Near Ground Signaling dan FlexClocking mampu mengurangi konsumi daya memori dan sistem hingga 40% . Menarik untuk disimak apakah Intel tertarik untuk menggunakan teknologi arsitektur memori seri XDR untuk mendukung seri Core Intel yang saat ini memiliki integrated memory controller (IMC) on-die .
Sumber : http://technonews-revy.blogspot.com/2011/06/xdr-2-ram-tercepat-di-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar